Si Anak Kutu 

Jadi ceritanya bulan November tuh keluarga Triamojo melewati masa masa “duh gimana nih?” sambil jambak jambak rambut.

Gak segitunya sih.

Tapi tetep aja.
Mbak Canah yang udah 2 tahun lebih jagain K, akhirnya harus mendadak pulang karena .. dia hamil sodara sodari.

Ho’oh, hamil.

Sudah 6 bulan pula :’)

Akhirnya tanggal 17 November sore mbak Canah pulang kampung.
Siangnya sempat saya bawa ke RS untuk USG.

Walaupun galau berat, she’s happy to see her baby boy.
Dijadwalkan akan lahir bulan Februari nanti.

Oke, mbak Canah bye bye.
Makasih buat 3 tahunnya ya.

 

—-

Saya langsung izin gak masuk kerja 4 hari, kemudian dilanjutkan N cuti 3 hari. Nyari mbak kesana kemari gak dapet, daycare pun penuh di sekitaran rumah.

Sempat mikir “yaudahlah resign aja apa ya?”


Tapi ya namanya jodoh – biar udah hopeless kayak gimana, kalo emang udah waktunya ya pasti ketemu aja – persis di hari Jumat, mbak Y (yang jagain anaknya kakak sepupu) nawarin keponakan dia berumur 17 tahun untuk jagain K.

Mbak Y ini sudah 3 tahun ikut kakak sepupu saya.
Setelah diyakinkan bahwa dia terbiasa megang anak (punya adik balita) dan dijamin kalo orangnya baik oleh si mbak Y, akhirnya kami segera kirim uang ongkos berangkat ke Bintaro.

Namanya mbak Din, umur 17 tahun, putus sekolah di kelas 2 SMA, asal Pekalongan.

Masih belajar masak, oke.
Di hari kedua, K langsung bisik bisik ke saya “Ibu, mbaknya baik ya” – ehehe sotoy.
Dapur selalu kinclong.
Kekurangannya cuma 1, suka silent HP (jarang angkat telfon)
—–
Kemudian, minggu lalu saya perhatikan K kok kalo garuk rambut heboh banget. Sempet curiga, tapi saya diemin dulu.
Sampai akhirnya di hari Minggu waktu lagi ke rumah eyang, saya cek rambutnya dengan penuh rasa deg-deg-an PUOL.

Dan, bener aja dong kecurigaan saya.

K positif kutuan.
BENERAN JADI ANAK KUTU(an) DONG DIANYAAA :____(
Ada telor kutu pada nangkring sok lucu di dekat akar rambut K.
Emang belum banyak, tapi tetep aja kan.. (histeris)

Pulang dari rumah mama papa N, jadwal mingguan kami ya ke rumah Budhe saya. Akhirnya di rumah budhe, saya langsung potong rambut K.
Maksudnya biar lebih gampang dibasmi, dan diburu.
Waktu saya minta izin, K bilang

“tapi, aku mau rambut aku panjang. Biar cantik kayak princess”


“Rambut panjang, rambut pendek sama aja. Tetep cantik. Tapi nanti kalau sudah gak gatel, udah gak ada kutu, baru deh panjangin lagi”


Oke, anaknya nurut.

TADAAA!

amelie

Rambut Dian Sastro kalo kata Bapake.
Rambut Amélie kalo kata Ibue.

Lalu telfon si Mbak Din.

Mbak, ini si K kutuan. Saya mau nanya, mbak kira kira kutuan gak?”


“Gak bu, palingan ketombean”

“Yaudah nanti saya periksa ya”


—–
Sembari jalan balik ke rumah, sekalian mampir apotek untuk beli peditox selusin (bener bener ada selusin peditox di rumah – ya kami lebay), serit, shower cap dan jeruk lemon serta cuka. (hasil googling “obat kutu tradisional untuk anak”)

Karena mbak udah bobok, periksanya besok.

Sementara malamnya saya langsung peras jeruk lemon, lalu dibalurkan di kepala K, dan tutup pake shower cap didiamkan selama 1 jam lebih.
Lalu setelah dibilas pakai air hangat yang dicampur cuka, rambutnya langsung saya keramasin pake shampoo L’Oreal Kids (baru beli, wangi mangga. Enak banget).
Dan K dengan lapang dada nrimo diminta tidur pake shower cap dan tidur pisah sama Bapak Ibu. Dia bobok di kasur bawah, sendirian :’)

—–
Besok paginya saya langsung periksa rambut mbak.

DHUARRRR!


Gak pake micing micing-in mata, gak usah pake kacamata langsung keliatan tuh telor telor kutu (bayanginnya aja udah gatel gak? Saya iya)

Langsung deh si mbak saya suruh pake Peditox.
Sedangkan K saya pakein 1/2 botol Peditox selama 15 menit saja, soalnya bahan kimia (swerem), gak lupa dicariin telor kutunya tiap hari.

Tapi sebenernya abis pake peditox, langsung mati sih. Sehari keramas dua kali :’))
Dan setelah dua kali pemakaian (seminggu sekali) sekarang Mbak Din sudah bebas kutu, begitu pun K. YAAAYY!
—–
Emang udah paling bener, kalau ada ART/Nanny baru, lebih baik langsung diperiksa secara keseluruhan (apakah ada alergi, asma, kutu, dll) ngg tapi tanpa menyinggung perasaan si mbak.
Nah caranya gimana, ya terserah masing masing aja deh. (apaan sih gak kasih solusi banget)
Dan ternyata menurut dokter kulit, kutuan bukan berarti kepala / rambutnya gak bersih, lah wong K yang keramas tiap hari bisa tetep kena kok 😦
Dulu sih saya pernah kena kutu outbreak, gara gara sering tidur siang di kamar ART.
Alasannya karena kamar ART saya lebih adem. Padahal mah, lembap kali ya :’))
That’s why, K sekarang saya panggil Anak Kelinci deh bukan anak kutu lagi :)))

Ganti identitas :p
Ada yang pernah kutuan?

Featured images of Jane Goodall and Gregoire taken from pinterest

Advertisements

36 thoughts on “Si Anak Kutu 

  1. Aku jg pernah ketularan kutu kalo pas mudik trs tidur ngampar barengan sama ponakan kicik2 yg kutuan..udah deh pulang mudik pasti potong rambut.. gateelll.. apalagi kutuan+jilbaban.. ku tak sanggup. Mending babat abis rambut+basmi pake peditox.

  2. ya ampun padahal kan K lucu namanya anak Kutu.. tapi emang sih, iya juga ya jadi kutuan beneran.. dulu aku pernah jaman kecil. (kayaknya kalau anak kecil nggak kutuan, belum sah jadi anak kecil kali ya).. jaman dulu masih sisiran pakai apa tuh yg rapet2, tiap belajar terus kutunya jatuh di kertas terus dipitesin ~~HIIIYYYY..

    oh iya, ponakan2ku yg cewek juga beberapa kali kutuan saling ketularan gitulah, dari mbak, ke antar ponakan.. jadi pada dipotong bondhol gitu.. tapi cakep sih jadinya..

    1. sisir serit sis, belinya maluuu banget. padahal kutuan kan bukan aib ya..
      eh iya gak sih? aib gak sih? (jadi ragu sendiri)
      AAAKKK MALESS BANGET ((kutunya jatuh di kertas))
      Iya nih, si K juga dipotong pendek jadi lebih berakarakter mukanya (AZEK)

      1. ah iyaaa sisir seriiiittt.. grrrhh.. jaman itu ceritanya duduk di mejal belajar.. tp bukannya belajar, malah cari kutu.. aku berdua sama kakakku lagi hahahha..

        hahahaha malesin banget yaa.. mitesin kutu dan telornya beneran. ~~HIIIIYYY

  3. biasanya ketularan sih kutuan itu dari temen kayak jaman dulu pada saling menulari lalu saling bantu nyari kutu berjajar baris kebelakang……ehehe tapi betul mba tash, jadi ibu-ibu harus hati-hati kasih julukan nama ke anak, karena biasanya (pengalamanku yah) terkabul..

  4. Aku pernah kutuan waktu kelas 3 SD pas lagi berlibur di rumah opa di Manado. Disitu ada ART yang suka anak-anak dan suka main sama aku. Ternyata dia kutuan! Jadi, pengalaman banget lho kulit kepalaku dikasih Peditox xD beberapa hari kemudian, kutu dan telor kutunya hilang. Si mbak ART juga dikasih Peditox dan dia jadi nggak kutuan lagi.

  5. Aku sekeluarga, (suami & 3 boys) pernah kutuan gegara ketularan ponakan yang baru pulang mondok, para lelaki langsung dibotakin, kalau aku kasih peditox + kapur untuk semut (resep dari mpo yang setrika di rumah).

  6. Kutuan pernah, kudisan pernah. Dulu pas aku masih TK pas dititipin di rumah nenek selama 7 bulan sementara ORANGTUAKU KELILINGDUNIA GAK AJAK AKU! #dendampribadi #masihtrauma 😂😂😂

    1. Kudisan banget sis? :))
      eh wait, aku pernah gak ya..

      7 BULAN?? :’)))))))
      sekarang sebagai orang tua aku ngebayangin betapa bebasnya orang tua kamu waktu itu :))))
      leh uga nih dicontek waktu K masuk TK. makasih inspirasinya sis.

  7. Pernah! Hahaha rasanya kurang sip aja Kak Tash kalo belom kutuan jaman SD *geleuh amat hidup Ta hahaha XD XD XD

    Pas SD ketuleran sama sepupu gara-gara liburan bareng. Eh pas tamat kuliah juga deng, ketuleran keponakan yang ketuleran temen SD-nya iuuuuuuh untung ada Peditox sebagai penyelamat. Penemu peditox aku doain masup surgaaaaa aamiin. :’))))))

    1. Iya ih, apaan banget kan sebgaian besar anak Indonesia pernah kutuan waktu SD.
      Apaan sih Ata lulus kuliah ketularan kutuan pula :)) KZL gak sih, udah gede gitu terus garuk garuk kepala saking gatelnya (merinding).
      Penemu Peditox junjunganku :)))

  8. Hihihiiiiiiiiiiiiiiiihhhh… Untungnya, syukurnya *bikin tumpeng* sekeluarga ga pernah ada yang kutuan 😀

    Tapi gara-gara baca ini, jadi tau obat mujarab apa, soalnya kan dulu pasti di cariin satu-satu terus di emut.. hahahaha..

    Klo ganti nama jadi anak kelinci bikin bubur merah dunks mbak? 😛

  9. Aku jg pernah kutuan waktu kecil karena tidurnya ditemenin mbak. Pake peditox juga. Eh apakah semua anak kecil (pada akhirnya) permah kutuan? 😂

  10. aq paling takut kena kutu..sereeem.
    dulu sebelum berhijab, kalo mau solat dan pas ga bawa mukena selagi diluaran gitu rasanya aja galau banget mau pake mukena musola yg rame2an gitu.
    apalagi klo mukenanya lembab dan bau, hihhh udh curiga aja takut ketularan kutu dr mukena rame2.

    dan aq menghindari org yg kutuuuan.
    mau kaburr akuuh.

    1. wahahahaha iya bener, ART aku juga ketularan karena waktu sekolah suka pake mukena di sekolah.
      dan sering ketularan (bah gak belajar)
      huhuhu, bayangin deh Neng, gremet gremet gremet gitu di kepala :))))

      *garuk garuk*

      1. iyyuuuhh…
        aq aja baca soal kutu merinding kak.
        terus si ART dipotongin rambutnya juga ga kya karra?
        #kepo.

        semoga kutunya ga balik lagi ya.
        ehh btw, aq juga ada crita wkt itu ponakan mantanku tuh ada kutu gitu. masa cukup ngusek2 rambut aja kutunya udah pada jatuh. dan aq pas lg main ke rumah si mantan jadi ogah main-main sama ponakannya yg berkutu. bwahahahaha takut ketularan 😀

      2. si mbak langsung aku bawa ke salon buat ditipisin rambutnya dan langsung creambath – DIE YOU! :))

        OHMAIGAWD!
        seriusan cukup diusek??
        kok bisaaaaa? emang gak diobatin??
        gils aku baca sambil gatel kepalanyaaa :'((((

      3. kayaknya sih ngga deh, apa mgkn krn bocah masih SD kali ponakannya si mantan.
        itu aq liat sendiri wkt kutunya turun
        berasa merinding dan seketika ogah main deket-deket ponakannya.
        ya abiis gimana dong, rambutku panjang waktu itu terus kan ga lucu udah gede ketularan kutu dari ponakannya mantan. bwahahahaha
        tapi aq ga brani crita ke mantan klo ponakannya kutuan :))

  11. Waktu aku SD kelas berapa ya lupa, pernah kutuan juga. Tapi sekali pake peditox, eh dua kali kayanya, langsung bhay tuh kutu, Tapi tetep aja,yang paling penting sih jauhilah orang2 berkutu. Itu sih poin nya hahaha

  12. Kayanya kutuan itu aib yang tak terelakkan buat cewek2 Indonesia hahaha..

    Gue dulu tertular kutu pas kelas 4 SD, gara2 temen sekelas yang duduk di belakang gue. Dia demen banget lempar2 rambut ala rockerwati. Siyalnya, gue ketiban kutu2 lincah yang loncat dari kepalanya waktu headbang itu.

    All hail peditox and sisir serit!!

    Dan si temen, fix gue blacklist dari pertemanan. Sampe pernah doi mendadak hubungin gue nanya lowongan di tempat kerja (waktu gue belum resign), langsung gue bilang, NO VACANCY! #masihtraumasist #ntarkutuanmaning #orangnyajugarese

      1. Hahaha pembenaran ya boook buat unferiend, penebar kutu plus rese #ups

        BTW, bagaimana reaksi si putri cilik pasca terbasminya kutu? Takut, excited, atau.lempeng aja?

        Oya, Happy New Year juga yaaa, wishing you and family a great journey in 2017, hip hip hooraaay!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s