Si Meja Kerja

Beberapa kali kerja di tempat berbeda, saya selalu dapet kantor yang konsepnya open space office gitu. Dalam artian tanpa kubikel, tanpa ruangan, ngablak aja gitu.
Padahal pernah baca di beberapa artikel katanya sih konsep kayak gitu kurang disukai.

Saya sih walaupun lebih memilih konsep tertutup atau at least ada kubikel kecil tapi yaudahlahyaaa, kalau gak mau diganggu tinggal pasang headset.

*****

Sebenarnya sih asik asik aja kerja tanpa kubikel, kadang ngerasa jadi gak berasa mengkeret di kotak korek api gitu (apaan sih perumpamaannya??)
Tapi yang bikin males, kalau mau buka jobstreet kan jadi ketahuan
(loh kak?? – loh dek??)
Yang penting buat saya, orang orang tetap menghargai areanya masing masing.

Dan yang penting saya bisa tetap ngutak ngatik, moto ini itu, bikin ini itu sesuka saya. Sepanjang kerjaan saya sudah kelar.
Iya, saya sering mewarnai atau menggambar di meja kerja.

Beberapa hasil bengong bengong cantik dan si tangan-yang-ga-bisa-diem ini, tak foto terus diunggah di Instagram dan kasih hestek #MejaKerjaWabbit

meja-kerja-wabbit

Nah itu kaca partisi di belakang komputer selalu ganti tema.
Tergantung musim, kesukaan, hari raya atau random aja suka suka :’))

tema-bulan-desember
Sekarang temanya Natalan. Tapi belom kelar dekor, eh udah digempur kerjaan.

*****

Kalau merangkum dari beberapa situs yang pernah saya baca, ada beberapa tips dan trick efektif untuk memaksimalkan ruang kerja (meja kerja) agar produktif dan bahagia di kantor:

> Kelilingi area kerja anda dengan hal hal yang membuat anda nyaman dan happy
Ada yang suka dengan meja kerja yang berantakan, ada juga yang suka dengan meja kerja rapih jali.
Saya menganut paham yang kedua.

working-desk

Saya lebih suka meja kerja saya rapih, makanya walaupun sering berurusan dengan dokumen, perjanjian dan legalitas saya selalu request desktop sortir and tray.

tray-untuk-dokumen
Filing – Pending – Ding dong

Jadi saya bisa pisahkan mana dokumen yang harus disimpan dan mana yang harus ditunda. Tanpa harus bertumpuk tumpuk gak tentu arah di atas meja.

Gak lupa pinsil warna dan spidol untuk mengisi waktu luang.

tempat-pensil-warna-minipensil-warna-mini

Pensil warnanya tak potong biar di rumah ada, di kantor juga ada walopun mini :p

gunting-bertaligunting-bertali-2

Karena gunting di kantor ini sering ngilang, jadi gunting saya tak iket di tempat bolpoin biar gak jalan kesana kemari lalu lupa jalan pulang.

wadah-isolasi-2wadah-isolasi

Daripada cuma buat isolasi, bawahnya tak tempelin kertas bekas yang tebal jadi bisa buat naro klip dan printilan lain :)))

NIAT SIS??

> Mendengarkan musik favorite

Saya bekerja di kantor cabang, karena kantor utamanya ada di Jawa Tengah.

Jadi ‘penduduk’ kantor Jakarta lebih sedikit.
Hanya sekitar 16 orang dan tidak terlalu strict asalkan pekerjaan masing masing beres dan gak menghambat kerjaan orang lain.

Sebagian besar orang, lebih suka kerja sambil mendengarkan lagu.
Selain karena tidak terdistraksi, bisa lebih fokus dan menambah semangat bekerja.

Saya termasuk orang seperti itu, lebih senang jika bisa leluasa review perjanjian sambil mendengarkan lagu lagu di Spotify.

Apalagi sejak bulan desember ada playlist Happy Holidays

spotify-happy-holidays
Laff ❤

Saya yang termasuk dalam golongan manusia menyebalkan yang menciptakan premature Christmas decoration and playlist jadi seneng banget sama playlist ini.

Karena gak perlu bikin playlist sendiri (yhaa, kita bisa bikin playlist sendiri di Spotify loh kak). Tinggal aja tiap hari dengerin salah satu playlist natal di sini :’)

playlist
Tiap Hari Gonta Ganti Playlist – loff banget

> Istirahat

Di kantor saya ini, karena memang perusahaan Jepang jadi mereka mengadopsi kebiasaan kantor pusat di Jepang yaitu ada waktu istirahat mini.
Tiap jam 11 dan jam 4, beneran ada belnya gitu sebagai reminder.
Walaupun hanya 10-15 menit, lumayan lah untuk kantor utama yang jadi 1 dengan pabrik. Biar gak melulu bekerja kayak robot.

Walaupun gak terlalu diterapkan di Jakarta, tapi badan kita emang butuh istirahat.

Kadang saya jalan jalan ngelilingin kantor atau ke kantin (LAH KAK??), ngeliatin pemandangan (gedung lain) dari jendela, beberapa memilih untuk ke luar gedung untuk merokok, kalau saya memilih untuk baca baca aja.

Iya, saya naro beberapa buku (bergambar tentunya – capek sis sehari hari ngeliatin huruf terus terusan) buat dibaca berulang ulang waktu senggang.

buku-bacaan
Katalog IKEA buat window shopping :’) 

*****

Ini ada infografik menarik yang bisa bikin kita lebih betah di kantor, kalo betah otomatis kerja juga lebih maksimal.

desk
sumbernya dari sini

*****

Oia, ini ada view kece (kantor notaris langganan kantor terdahulu) yang saya suka banget :’)

office-with-a-view
Dapet ijo ijonya dan gedung gedungnya ❤

Nah kalau keadaan meja kerja (favorite) kamu kayak gimana?

*****

Featured images from here

40 thoughts on “Si Meja Kerja

  1. udah beberapa taun kerja di open space buun.. hiks aku kangen kerja di balik kubikel. brb buka jobstreet LAH TANTEEEEE 😀 😀
    meja kerjaku minimalis bun. ya macem kayak hidungku gini deh. perumpamaan opooooo 😀 . meja cuman ada laptop, sisi kanan kalender & tempat atk. sisi kiri ada rak tumpuk 3 kayak dirimyuuu.. di bawah ada binder dokumen. kesian binder dokumennya ya bun, kebauaaan 😀 😀 😀

  2. Mataku langsung terpaku ke botol minuman Ijo! Sama banget dengan punyaku. Tupperware bukan itu? Kalau iya, waahh tosss!! Haha aku dikasih temen (yg kerja di tupperware) sejak 2010 sampai sekarang masih awet menemaniku kemanapun. Aku tipe yang meja kerja harus rapi, ga terlalu suka dengerin musik karena ngurusin angka2, jadi butuh konsen, kalo dengerin musik bisa2 bukan angka yg ditulis tapi puisi cinta 😅

    1. Itu botol minum ijo ada tutupnya mba Den. Gimana persis gak? Sejujurnya aku lupa itu dari siapa dan apa merknya. Besok tak cek deh :))
      Wahahaha iya sih, kebayang dengerin lagu emang bikin santai, saking santai angkanya bisa jadi berantakan :))

  3. duh itu ide buku-buku bergambarnya bagus banget buat ditaruh di meja kerja, jadi penghilang jenuh sewaktu-waktu 😀
    oia, baru tau kalo monitor harus bgt posisinya di jangkauan mata, selama ini masih ngebikin kepala nunduk sih. mesti cari barang buat dijadiin ganjalannya nih biar tingginya pas

    1. Iyaa, kalo temen kantorku suka bawa komik malah :))

      Nah itu dia, dokterku pernah bilang yang bagus buat leher justru layar yang ‘ditanem’di meja. Tau gak? Padahal aku suka pegel kalo ke warnet dapet komputer model begitu. (((warnet banget sis)))

      1. seriously komik? jejepangan bukan? soalnya kalau komiknya kek yg di foto mejanya kakak itu kan komik yang ga berseri kayak jejepangan, pasti baca sekilas pun cukup. kalau komik jepang sih yang ada malah keterusan bisa-bisa, ehehe

        wkwkwk, ketauan nih generasi warnet yang pilih paketan beberapa jam 😛 😛

  4. Meja kerja saya… berantakan. Kantor saya tipe yang belum ada kubikelnya, jadi belum bisa kreasi ini itu. Paling tempel-tempelan pekerjaan juga yang ada di dinding dekat meja, itu pun sudah expire dari kapan. Kantor ingin pasang kubikel namun karena pemotongan anggaran (maklum, kantor pemerintah) dan ikut pulalah terpotong kubikel kami, haha. Tapi saya sepertinya bukan tipe yang menghias meja kerja seapik dan setelaten Mbak, haha, bagi saya mudah menemukan barang ditambah satu atau dua buku bacaan soal sejarah sudah cukup untuk menemani menghabiskan waktu di kantor, hehe.

  5. Dulu pas masih ngajar, aku share meja sih dgn guru lain. Tp jadwal kita jarang samaan jadi mejanya seringkali buatku sendiri. Aku ngga suka tlalu byk buku & kertas di meja; krn klo lg nggak ngajar, biasanya aku ngerjain pesenan aksesoris di meja kerjaku. Jd itu meja isinya selain sedikit buku n kertas, bertebaran lah rantai, peniti, aneka tang dan manik2 😀

      1. Aku malah ga dapet loker krn da aku mah apa atuh cm guru GTT/honorer, wkwkwkwk…. aku bikin gelang charmbracelet sama peniti jilbab. Intip2 deh di @ndutyke (instagram). Tp sejak pindah ke Sydney udah berhenti berkarya sih….. ((((BERKARYA))))

  6. Ah tema christmasnya lucu! Kalo aku lebih suka meja kerja bersih dan tanpa printilan2 apapun, jd banyak space untuk kerja, soalnya banyak ngurusin kertas.

  7. Kamu keren sekaliii.. tapi bener, aku jaman di kantor dulu juga paling suka ngedekor meja kerja.. supaya betah.. dann aku pernah ngelembur pulang sampai malam hanya menempel seluru wall kubikel aku dengan foto (ermm.. print-an) Robbert Pattinson sama Kristen Stewart huahahahhahaha… Jadi sambil telpon klien bisa sambil ngayal babu dulu hihi..

    oh dan pernah juga kerjad di open space.. halah, nggak saling ngurusi opooo.. udahnya komputernya sharring.. eh karena kantor nya mayoritas cewek semua jadi pada saling kepo.. Oh betapa aku benciknya dengan konsep open space kala itu

      1. hahahaha iyaaa aku pernah masuk ke era fandom twilight dan mengikuti junjunganku mas rob ama mba kristen.. hiihiiihihi..

        Gapapa kalau koleganya asik2 Tash.. yang malesin kan bisik2 tetangganya itu hihi.. aku ingin tenggelam ke dalam kubikel dan sembunyi,kalau ingat

  8. Waaaah kreatif banget ❤️❤️❤️ Suka dekorasi partisinya, jaman dulu pas kerja di kubikel juga paling hobi ngasih pernak pernik di meja, jadi berasa “homey” (mksdnya biar klo lembur ga merasa terlalu sedih gitu hahakakaka)

  9. meja kerjanya instagramble bangeet ih..
    lah kalo aq ketempelan aneka nomer telepon toko, catetan-catetan ngga penting.
    dekorasi mejaku ya foto2 sendiri aja hahahaha.
    cakepan meja kak tasha.

    1. itu di belakang layar komputer juga ada nomor nomor telepon kok, tak manis manisin aja biar enak liatnya :)))
      beuh, coba kalo aku naro foto diri sendiri, bisa abis dicengin sama orang kantor. pada nyablak mulutnya :))

  10. Waah pas baca ini lagi menatap meja kerja yang numpuk dokumen akhir tahun, udah lama nggak ditata ulang niiiih. Yang pasti meja kerja harus ada cermin besar sama cemilan, hahaha…..

  11. Ah, suka deh gambar-gambar mu Mbak. Rapi jali, dekor natalnya cakep, sukaaa dehhhh.
    Jadi kepengen juga, tapi dimari ga pandai menggambar dan mewarnai, kalo print kurang tjakep, maunya kayak punya mu Mbak.hahahahaha
    Itu idenya buat gunting cetar banget, aku juga heran kenapa gunting sering ilang dimari juga. Akhirnya kalau gunting aku sembunyiin aja di laci.hahahahaha
    Jadi di meja aku isinya eiffel tower *gayaa, pajangan babi, tempat buat naro atk pinggirannya tak gantung2in gantungan kunci biar rame, kalender biasa, kalender wejangan kehidupan *berat, hadiah permen gambar muka doraemon, telepon, botol minum sama ditempelin di pinggir cpu foto eiffel tower sama foto Buddha. Ini aja masih berasa hampa Mbak, kemarin mau nambahin pohon natal kecil biar berasa aura natalnya.hahahahaha
    Enak kerja sambil ngedengerin lagu, aku juga denger spotify tapi jarang-jarang Mbak, kuota terbatas.*sedihhhhh
    Lah ini ceritanya curcol ato apa yak, panjang bener komennya. *maapkeeennnn

  12. aku lebih suka meja kerja yang pake kubikel deh kayanya, lebih bisa jaga privasi..kalo yg skg sih meja kerjanya plong gitu..jadi risih kalo mo letakin barang2 pribadi kaya foto2 kluarga… 😀

  13. Baru juga mau ikutan komen, aku lebih seneng kubikel sendiri2.. trus dulu temen sebelah aku kubikelnya full sama print2an robert pattinson sama kristen stewart! Ehhh orangnya ada komen juga di atas 😂👆🏼

    Itu keren banget lho mejanya, bikin rindu ngantoooorrrr… rindu ndandanin kubikel :)$

  14. kantor aku per 2 meja di kubikel-in. kl temen sebelahnya gak kepo-an, asyik sih. tp kl kepo, menyesakkan … hahaha … kebetulan temen sebelah aku cowo, dan gak kepo, jd mo brosing apa aja gak rese. cuma resenya, namanya kan cowo ya, ada aja tuh sampah mampir2x ke meja sayah …. hahahha …. aku penganut meja berantakan kl kerja. secara dlm wkt bersamaan bs handle banyak hal. tp kudu rapi kl pulang. tipe mana ya tuh ?! hahaha ….

Leave a Reply

