Tornado Kecil

[Mundur kira kira sepuluh tahun ke belakang]

Ngeliat ibu ibu yang anak kecilnya histeris di tengah keramaian, rasanya gerah.
Langsung kepikiran “Tega amat sih itu anaknya dicuekin, urusin keleus bu. berisik nih. Dibujuk kek, diapain kek..”

[2016]

Kemesraan di hari minggu malam kami diawali dengan anak kutu yang mendadak ngambek. Udah kayak bangun bangun ada jerawat di dagu padahal semalem masih mulus.
Dadakan.
Turun dari mobil manits, sampe meja dese ambek.
Like, WHY???
Dia bahkan menolak untuk duduk dan ngomong.
Okay, take your time.

sesuai pesan keselamatan di pesawat, pakai oksigen anda sebelum membantu anak anda.
well noted!
Yang penting bapak Ibu makan duluan selagi kamu ngambek ya nduk.
Sambil sesekali bujuk walopun gak terlalu diniatin karena sedang menikmati makanan :))

Sampai selesai makan masih ambek gak jelas.
Sudah dibujuk, masih diam seribu bahasa.
Akhirnya saya kasih ultimatum
“Kamu belum makan malam. Kalau tidak makan, kita pulang saja.
Gak ada acara ke rumah Bibi.”

Dasar si gengsi tingkat tinggi, anaknya konsisten ngambek.
Akhirnya Ibu bilang ke Bapak “makanannya dibungkus aja, kita pulang”

Kayak coca cola ketemu mentos, BLAR!!

Anak kutu langsung histeris di tengah tempat makan, sambil teriak “GAK MAU PULANG”.
Jerit jerit udah kayak ibunya kalau sampe suatu saat nanti ketemu Bogummy

Digendong bapaknya, menggeliat kayak cacing.
Angkut ke mobil sambil melewati banyak pasang mata yang pura pura gak liat tapi saya yakin kepikiran sama nasib si anak kutu. Ehehe..

Apalagi ibunya kalo udah sumpek, muka langsung kenceng.
(Yanasib suka gak bisa kontrol muka. Semua perasaan tergambar jelas di sini *tunjuk muke*)

5 menit perjalanan meninggalkan tempat makan, sambil masih rusuh anak kutu ganti rengekan.

“MAU MAKAAANN” 

BAILEEE SIISSS, KEMANE AJE??
tadi pan udah ditawarin makan. auk amat dah.

(dicuekin sama bapak dan ibunya)

(maksa meluk leher sepanjang perjalanan)

(Ibu meleleh)
(tapi harus konsisten)

Walaupun gak yakin nasehat bakalan masuk, tapi mumpung anaknya udah reda sekalian deh ngomong.

“Tadi ibu udah bilang kan, kalo gak mau makan ya pulang. ditanyain gak dijawab. Yaudah pulang deh. Lain kali kalo mau sesuatu harus ngomong. Jangan nangis nangis”

Sampe rumah dia tidur karena kecapekan nangis sepanjang perjalanan.

****

Mohon maklum ya manteman, kalau ada ibu ibu yang anaknya ‘meledak’ di keramaian.
Daripada kasih tatapan “Hufth, berisik!” mendingan dikasih bisikan “cemangad ea mom

Karena kadang nih, anaknya kalo dibujuk nangisnya tambah kencang. Dipangku menolak, Dideketin menjauh, dipegang menghindar, sebenarnya kalau baca di banyak artikel ya didiamkan saja walaupun jaminan mutu makin histeris tapi dia jadi sadar bahwa dia gak akan dapat apapun kalo terus terusan nangis – walaupun akhirnya adem sendiri TAPI LAMAAAA, kadang gak nyaman kan kalo pake trik terakhir di keramaian.

Rasanya tuuhhhh … UHUHUHUHU (peluk manja Junyeol Oppa – LOH HEH!! Fokus!)

Kadang anak kutu suka susah mengkomunikasikan apa yang dia mau jadinya ngambek.
Or simply just because she’s tired.
(Masih jadi pertanyaan, kenapa anak kecil kalo capek tuh selalu cranky. Saya sih cranky kalo kelaperan atau kalo belom kesampean Disneyland Hopping)

Ini masih PR buat saya dan N, apa yang kurang sampai anak kutu kadang suka sulit mengkomunikasikan kemauannya.

Kalau dulu saya sinis sama buibuk yang anaknya tantrum di keramaian, sekarang rasanya kalau ketemua saya mau tepuk pundaknya, peluk dan kasih penghiburan buat para buibuk senasib ini.

“I FEEL YOU SISTA! c’mon! repeat after me, I-AM-STRONG. I-CAN-DO-IT! good girl” :’)))))

screaming-toddler
Be brave, sistah!

****

Kadang saya suka mikir, ini apa emang saya doang ya yang anaknya suka ambekan gini.
Atau emang umurnya aja.
Lalu saya melihat para keponakan..

“Oh, iya. memang lagi waktunya ambekan aja :p”

Featured images from http://www.parenting.com

Advertisements

36 thoughts on “Tornado Kecil

  1. Ibuuuuk, aku mah krengky berats kalo laper dan bokek. Itu tingkat kejudesan bs meningkat tajam. Hahaa.

    Sabar2 ya ibu, semoga tornadonya cepet berganti jd angin cepoi2 aja biar adem. 😂

  2. sapa dulu sesama penggemar hayao miyazaki..haii mbaak tash toos ceritanya mewakili sekali, orang dewasa juga kdg suka moody juga aplg anak2 ya…mrk blm bisa mengenali jenis emosi…ganbatte…

  3. anak2 mah di mana-mana sama ya mbak. Kalo lagi pengen dapet perhatian apa juga dibuat termasuk krengki di tengah keramaian. Anakku yg gede juga pernah dulu waktu masih usia 3 thn krengki fatal pas ditarik dari laut alias disuruh udahan main air laut ama bokapnya, karena emang udah mau sore dan kudu pulang kerumah. Drama banget narik dan nuntun dia sepanjang perjalanan dari bibir pantai ke mobil. Dia histeris sejadi-jadinya, semua orang ngeliatin sambil ketawa, dan bokapnya sampe pake alasan : “udah ya, lautnya udah mau tutup” <–ya kali laut mirip warteg bisa pake acara tutup?

  4. @MbakImel.. Whuhahaha.. Jadi penasaran laut sebelah mana yang tutup 😛

    Belum punya anak cih, jadi aku nya manggut-manggut aja bacanya sambil dalam hati bilang “Embeeerr cyiinn.. ponakkan gue juga begindang!” :))

    Semangat Mbak..! Seperti semangat nya saat menonton Drakor 😛 *Gimana? Gimana?*

  5. Dulu kalo ngeliat anak kecil tantrum, aku suka mikir ini orang tuanya ngapain dia kekkkk! Pas punya anak sendiri dan ngerasain sendiri, oh okeee deeeh, emang susah diapa2in juga. Biasanya aku senyumin aja, siapa tau terbantu. *dikira senyuman gue manis kaleee* XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s