Cerita Mantan Anak Kost

 

Waktu kuliah saya tinggal di rumah Oma berdua mama.
Kebanyakan teman kuliah yang perantauan tinggalnya ya di rumah kost.
Ada juga beberapa yang ngontrak rumah barengan.

Beberapa kali saya mampir di tempat kost mereka.
Kalau mau pinjem catetan atau nyontek tugas aja.
Waktu itu yang kepikiran “wah, enak banget ya tinggal sendiri. Berasa dewasa

 

Kemudian waktu mulai kerja, saya akhirnya keluar dari rumah kakak dan ngekost di dekat kantor selain karena diusir secara halus (HAHAHA SEBEL! Durhaka kau kakak!) juga biar irit ongkos – gaji saya dulu Rp.1.500.000, harus bisa buat kost, makan, ongkos PP, kirim mama, dan hura hura. DANG!
Berhasil bertahan gak? Berhasil dong, kan ngejar lemburan :’)))
*ampun mantan bos*

 

Saya ngekost gak lama sih, cuma sekitar 3 tahun.
Tapi selama 3 tahun itu sudah 6 kali pindah kost-an :p
Ini ngekost apa ke kontrol dokter gigi sih?

Dulu sih ada 4 hal penting sebelum memilih rumah kost, yaitu:

1. HARGA TERJANGKAU

 

rupiah
Ya gak recehan juga kali Tash

Pernah ketemu sama rumah kost yang kece banget, ada kolam renangnya, kasurnya keliatan nyaman, dekat jalan besar, eh harganya 2x lipat gaji saya.

Mau maksain juga ga mampu.

YA HELLLOOOOW~ plis deh.
Akhirnya ya pilih yang fasilitasnya biasa aja, standar, semua yang dibutuhin ada.. tapi harganya bisa bikin saya tetap makan teratur :’)

Ya kira kira sama lah kaya nyari pasangan hidup, gak perlu yang fancy glamour gimana gitu, tapi yang bikin kita ngerasa aman, bahagia aja sepanjang hidup bersama #Azeg sabi lah wabbit, sabiii~
(Speak-in N dikit biar dijajanin paket liburan)

Ada nih temen yang tinggal di kost mewah, ada laundry, ada mbak yang beresin kamar, ada satpam, kerjaan saya ya mampir mulu.
Enak, kasurnya empuknya beda sama kamar kost saya :’)) (Miriiiis)

2. LOKASI – LOKASI – LOKASI! (YANG BERSAHABAT)

 

location
Lokasi itu penting

Yang dekat keramaian.
Yang dekat jalur angkot.
Yang walking distance dari kantor.

Maksudnya tak lain dan tak bukan biar kalau udah ‘tanggal megap megap anak kost’ saya bisa jalan aja ke kantor.
PENTING INI! Kalo gak, bisa pening nih kepala.

Gak kebayang deh kalo belom gajian, bokek, terus jarak kost ke kantor 15 kilo, maknyos! Jalan deh lo sono sampe kurus.

Dulu sih di jakarta barat masih bisa nyari yang deket kantor harga bersahabat, nah pas pindah kantor ke jakarta pusat dan selatan, baek baek nyari yang deket kantor.. yang jauh aja harganya ngajakin berantem.
Bikin nangis darah deh pokoknya.

3. ADA DAPUR DAN KULKAS

 

kitchen
Apapun bentukmu, aku terima!

 

Makanan pokok penduduk Indonesia apa? Nasi.
Makanan pokok anak trendy cinta kesehatan apa? Catering diet mayo.
Makanan pokok anak kost sepanjang masa apaan? Ya Indomie laaah :’))

 

Nah kalo gak punya dapur, terus eke bikin mie goreng pujaan sejuta umat kost dimana dong?

Ya bisa aja di rice cooker / teko yang bisa manasin air katanya. Tapi saya gak sreg, tetep lebih milih bikin di atas kompor.
Kulkas buat apa? Kulkas sharing juga gpp deh.
Ya buat manansin makanan. Makanan dari mana?
Dari rumah kalo pas pulang, dari restoran – beli makanan gak abis? bungkussss.

Kalo perlu makanan meja sebelah yang gak abis dibungkus juga deh.
(ya gak gitu juga. Percaya deh gaes aku gak gitu anaknya.)

4. KAMAR MANDI DALAM

 

bathroom
Kalau kamar mandinya kayak gini, YASTAGA PUJI SYUKUR

 

Jadi gaes, saya pernah nih ngekost di rumah kost campur.
Kamar saya di ujung rumah, kamar mandi di ujung sebelah satunya.

Pulang kerja, capek abis dihantam garis mati, nungguin angkot lama banget, mampir beli makan, abis makan mandi enak nih ya kan.

Pas udah kelar mandi baru deh si dodol tapi rupawan ini sadar, LUPA BAWA HANDUK DAN BAJU GANTI – saking sibuk bawa gayung isi peralatan mandi.

Baju yang dipakai untuk ‘berangkat’ ke kamar mandi? Dicuci sekalian waktu lagi mandi :’)

Yaudah , saya cuma bisa duduk di toilet.

Akhirnya ya saya keluar nunggu sepi (kebayang ya abis itu flu) pas udah aman baru saya keluar kamar mandi pake baju basah :_) (TENGS LOH, BRAIN)

Jadi kamar mandi dalam itu wajib!
Mungkin kalo buat laki laki gak wajib sih ya. Nyantai~

**

Kadang kangen banget sama kenangan ngekost, anehnya lebih kangen sama kenangan sedihnya (apa karena sedikit kenangan manitsnya ya – KRAYYY).

 

Kangen sama mas tukang jualan nasi uduk ayam, yang begitu tau saya sama sama dari jawa Timur suka ngasih potongan daging ayam yang guede.
Jadi tuh ayam harusnya dipotong 2, tapi sama dia dijadiin 1 potong gak dipotong. HUEEE~ makasih mas.

Mungkin dia iba ya liat anak jauh dari kampung, kurus, terus tiap beli selalu ribet ngitung uang di dompet – ngeluarinnya recehan pula.

 

Kangen sama masa masa mati gaya kalau weekend gak ada uang buat balik ke rumah kakak / tante / main sama temen, kost-an sepi, terus cuma bisa makan mie sambil nonton DVD (bajakan – sowwy), kalo udah abis, tidur tiduran sampe ketiduran, bangun bangun maghrib, baca komik, mandi, nonton, bosen, ketiduran.

**

 

Kamu punya kenangan ngekost?

Mari kita nyanyikan lagu kebangsaan “Nasib anaaaaak kost~ ya nasib~ ya nasib~ Nasib anak koooossst”

Featured Images bukan kamar kost deeeng, tapi Hermitage Hotel :’)) *menyesatkan* *ngarep*

26 thoughts on “Cerita Mantan Anak Kost

    1. Iyaaa ketahuann :)) waktu itu sempet ke Hermitage ya aku liat di IG. Bagus yaa, tapi kurang tepat buat keluarga dengan anak piyik – paling si bocah berenang doang senengnya. Kalo berduaan, kece ❤

    1. Gak boleh apa karena gak sempet LDR sama keluarga?
      Mayan deh, ada cerita ngekost, jadi tau harus nyari rumah kost yang kayak gimana nanti buat Kara :p :p #HelicopterMom

      1. Dulu sempet ngekos sebulan ama kakak di Yogya pasca lulus smu.. walau cuma sebulan, serunya masih keingat… tapi kuliahnya batal di ygy..

        Dibolehin ngekos, tapi pas kuliah jarak depok-lebak bulus dianggap terlalu dekat utk ngekos huhuhu.. Dan LDR ama keluarga, bapak ibu yg ke yogya aku jaga kandang lagi,, babay lagi ama ngekos hihihi

  1. Asliii ada2 aja ketinggalan baju Tash hahahahaha

    Dulu “ngekos” pas di Inggris serumah ber-4 kamar mandi sama dapur bareng2 gitu. Lagi begadang sekitaran jam 1an terus kebelet pipis taunya temen serumah mandi berendem kayak sejam gituu.. Begitu dia keluar aku lgsg masuk sampe udh gemeter hahahahahaha

    1. Hahaha.. Iya kejadian juga sama aku waktu ngekos di Tebet. Bangun pagi hari minggu pingin pipis eh temen kos nyuci baju aja seabad. Trus aku ke toilet Gelael aja doongg.. 😀 Memang ya lokasi, lokasi, lokasi, penting banget!

      1. Buset ke Gelael :))) niat banget itu, udah tak tertahankan banget ya.
        untung sekitar situ gak cuma Gelael ya, ramee..
        wah, jangan2 waktu aku lupa bawa handul ada yang lagi ngantri kamar mandi ya 😐 *jadi ngerasa bersalah* :))

    2. CHRIS!! :’))))
      ((sampe gemeteran)) :))))
      aku juga suka banget dengerin cerita Nuwis pas di sana, enak ya. perasaan senasibnya keceng banget ((kenceng)), terus suka ke Indonesian embassy gak kalo ada acara, mayan makan hrateis :)) #AnakKost

      1. Hahahaha iyaaa.. eh Nuwis dulu dimana Tash? taunya tetanggan.. aku di Bournemouth hehehe. HAHAHAHA tau banget bagian makan gratisss.. kalo ga di embassy di rumah orang Indo tante/om yg udah lama disana.. suka ngundang2 trus berlimpah makanan Indo.. dibekelin pula pas pulangg.. oh lalaa… surgaa :p

      2. dia di … HAHAHA entahlah Chris aku lupaa, dia cuma bilang “oo Bournemouth itu di bawah, pernah sekali doang kayaknya kesana”.
        wahahaha nasih anak kost yaa..
        Nuwis juga tuh, dia ngandelin roti yang gak kejual di coffee shop tempat dia kerja :))) *kok jadi sedih* 😦

  2. Cerita anak kos ini memang epic2 ya haha. Aku kos selama 18 tahun (13thn di Sby, 5 thn Jkt), pindah cuman 4 kali. Kalo aku kamar mandi luar ga masalah. Dapur sama kulkas itu yg penting. Nah kok yaa tiga kali ngekos selalu satu rumah sama ibu kos yg punya usaha katering. Jadinya lumayan hemat, karena pasti kecipratan makanannya haha strategi yang oke kan aku nyari kos 😅😅 dan kalo pas beli makanan dengan ngumpulin receh itu aku pasti ngalamin kalo akhir bulan, apalagi mas masa SMA dan kuliah. Beuhh pait banget kalo sudah akhir bulan haha.

    1. WOW! 18 tahun ngekost? warbiyasaaaak!!
      wahahaha enak banget tuh kalo dapet ibu kost yang ngopeni nah aku justru nyari yang gak serumah sama ibu kost, karena suka pulang malem (lembur).
      Hahahaha masa masa indah ngumpulin receh, begitu nemu uang nyelip rasanya sueneeeng banget yaa. walopun udah sempet kecuci :)))

    1. Pengen bahas macem macem, udah masuk ke karakteristik anak kost EHH kepanjangan.. ya tak apus (bilang aja males ngetik panjang panjang :p) dulu sih penyakitku, diare :)))

  3. Gue ngekost dari zaman kuliah, sampe sekarang masih ikrib ama temen-temen kostan pertama yang udah mulai pada beranak pinak :”)
    Trus ngerasain beberapa kali pindah kostan mulai dari yang pacar boleh maen-maen ke kamar sampe ke yang ga boleh :))))))
    Baru ngerasain kamar mandi dalem di kostan terakhir sebelum nikah, dan ternyata emang lebih nikmat kamar mandi dalem ya. Pupi juga lebih bahagia karena ga perlu khawatir di saat mules eh kamar mandi occupied :))

    1. hiahahaha sebagai anak awkward ya pastinya eke gak beragaul ye kan.
      whahahaha ((pacar maen ke kamar)) Yoiii :))))
      emang ya kamar mandi dalem pentingnya tuh, apalagi kalo udah malem. males amat keluar kamar, serem sepi 😐

  4. ketinggalan handuk kayaknya aku beberapa kali dech ngalamin sudah gitu kostnya campur lagi. Untungnya si mas sebelah nga keluar kamar pas kejadian bisa kesenangan dong yach dapat hiburan gratis hehehe..

Leave a Reply

