Terima Kasih Dana Hibah

*) Ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi – bukan post paid ya gaes (yakeleus, lo gak setenar itu kali Tash) Anyway..

 

Akhir tahun lalu N berkesempatan untuk menjadi salah satu penyelenggara pelatihan untuk para pengusaha kecil dan menengah yang diadakan oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

 

Apa sih yang dilakukan oleh penyelenggara?
Penyelenggara ditunjuk oleh KUKM untuk menyelenggarakan pelatihan yang ditujukan untuk beberapa pengusaha kecil dan menengah terpilih (ahzeeg ‘terpilih’).

 

Pelatihan apa yang diberikan?
Pelatihan yang mencakup semua hal yang berhubungan dengan pendirian dan pengembangan usaha kecil dan menengah.

Misalkan?
– Apa yang harus dilakukan dengan modal yang ada.
– Membantu para pengusaha kecil menengah untuk membuat proposal yang baik dan benar.
– Mengoptimalkan media sosial sebagai salah satu cara mereka memperkenalkan dan memasarkan usaha masing masing.
– Menghitung rugi laba dll.
– Strategi pemasaran yang bisa dilakukan.
– Produk keunggulan lokal apa yang bisa digunakan untuk memaksimalkan usaha mereka.
– Banyak lah, ini seperti pembekalan untuk para pelaku usaha kecil menengah.

Setelah pelatihan para peserta mendapatkan sertifikat.
Kemudian para peserta mengumpulkan proposal mengenai pendirian dan pengembangan usaha mereka dan data diri untuk diajukan kepada KUKM.

 


Apa yang diberikan oleh KUKM?
Tentu saja dana hibah untuk mengembangkan produk atau jasa para peserta ini.

 


Berapa besar dana hibah yang diberikan?
Berbeda untuk setiap peserta, tapi kalau tidak salah yang saya dengar maksimal di angka 25 juta. (CMIIW)
Kenapa ‘hanya’ segitu? Karena ini kan judulnya Usaha KECIL DAN MENENGAH.
Dan menurut saya jumlah sebesar itu sudah sangat cukup asal kita bisa mengaturnya dengan baik. Itulah gunanya pelatihan di awal.

 

Apa proses selanjutnya setelah mengumpulkan dokumen?
Proses selanjutnya adalah menunggu panggilan wawancara dari KUKM.

Waktu itu saya menunggu sekitar sebulan setelah pengumpulan berkas, akhirnya peserta dari kelompok yang N bina (CIEEE BINAAAA – udah kayak apaan aja DIBINA – Kelompok binaan N :p) dipanggil untuk wawancara.

 

Apa gunanya wawancara ini? Kok ribet banget? 
Menurut saya yang pernah mengalami, proses ini sama sekali tidak ribet.
Logikanya gini, KUKM berbaik hati untuk membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk membangun dan mengembangkan usaha mereka dengan memberikan dana hibah dengan jumlah lumayan.

Masa mau gampang?
Apa apa minta yang gampang, gimana mau jadi pengusaha yang bakal ngalamin jatuh bangun.
Hellaw hellaw hellawwww~

 

Nah wawancara ini untuk menilai dan mengetahui seberapa besar kemampuan para peserta. Berdasarkan hal itu, KUKM baru bisa memutuskan berapa nominal yang ‘pantas’ untuk didapatkan masing masing peserta.
Mungkin proses wawancara ini lebih tepat disebut presentasi ya.
(Bayangkanlah nasib saya yang gak bisa presentasi)

 

Setelah melewati proses wawancara, langsung dapat dana hibahnya?
Gak langsung lah, ente pengen banget digampar uang tunai berjuta juta :p

Kelar wawancara, para peserta menandatangani dokumen dari KUKM yang salah satunya menyatakan peserta menyanggupi untuk memberikan laporan per 6 bulan kepada KUKM mengenai perkembangan usaha yang dijalani.

Melalui proses menunggu lagi.
Masing masing peserta menunggu dengan waktu yang berbeda, di kelompok binaan Nuwis ada yang 2 minggu sudah dapat, ada juga yang sebulan baru dapat 🙂

Sabarlah, menunggu jodoh saja kalian mampu.. apalagi menunggu dana hibah buat usaha sebagai modal pensiun dini. Ya kan gaes :))

 

**

 

Dana hibah tersebut saya gunakan untuk apa?
Tentu saja untuk mengembangkan usaha baju hamil dan menyusui saya yang sedang stuck.
Dan ada usaha lain lagi yang belum launching – ihiiy

SAYANGNYAAAA~
saya dengar kabar, tahun ini KUKM tidak lagi memberikan dana hibah tersebut.
Entahlah apa alasannya.
Sangat disayangkan ya, mengingat dana hibah tersebut sangat membantu saya untuk menjalankan usaha saya lagi *SAAAAD*

 

 

 

Yah saya berharap semoga saja KUKM atau kementrian lain mengadakan lagi program yang sama – atau kalau ada info silakan dibagi bagi yaa siapa tau ada yang butuh 🙂
Beribu terima kasih ya KUKM untuk program dan kesempatannya.

Advertisements