DIY : Membuat Rok Ballet Tanpa Jahitan

Sudah lama suka baca cara bikin rok ballet tanpa dijahit, tapi belum sempat dicoba.
Memang benar kata orang “Kalo kepepet, semua bisa dilakukan”

Kemarin Kara resmi terdaftar di salah satu tempat para anak piyik les dance, ballet, renang, basket dll.

Kemudian baru daftar kemarin eh hari senin ini ada kelas ballet.
Ibunya langsung panik karena belum sempat beli rok ballet dan persediaan (gratis) di tempat les juga kebesaran buat nona kecil ini.
Sebenernya gak apa apa sih tanpa rok tutu, tapi ibunya yang kepingin hihi :p
(Mulai ngatur ngatur deh ibuuuu)

Nah kebetulan perlengkapan prakarya saya di rumah masih banyak, dan semua yang dibutuhkan masih ada. Akhirnya dikumpulin deh.
Bahan yang dibutuhkan untuk bikin rok tutu:

  1. Tali / Renda Karet
  2. Bahan Tulle (cari yang tidak terlalu tebal untuk rok yang tidak kaku)
  3. Gunting
  4. Meteran

Sudah.
Iya, itu saja.


Pertama
, saya ukur lingkar pinggang Kara.
Kemudian saya potong pita / renda berbahan karet ditambah minimal 20 cm agar bisa diikat.
Saya memilih renda berbahan karet agar lebih fleksibel.
670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-3-Version-3 670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-4-Version-3

Kedua, ukur dari pinggang sampai panjang yang diinginkan.
Kara saya ukur dari pinggang sampai lutut 25cm, saya potong bahan tulle sepanjang 50 cm untuk kemudian dilipat dua.
670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-5-Version-3


Ketiga
, bagi dua kain tulle kemudian diikat di sepanjang pita/renda.
Jika bahannya tipis dan lemas, lebih banyak akan lebih baik.

670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-6-Version-2 670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-7-Version-2 670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-8-Version-2

Keempat, sisakan minimum 10 cm di masing masing ujung pita/renda untuk bisa dijadikan pengikat.

670px-Make-a-Non-Sew-Tutu-Step-9-Version-2

SELESAI 😀

As simple as that.

Karena kali ini bahan yang tersisa hanya warna putih, ya sudahlah.
Padahal niatnya bikin yang warna warni supaya sesuai sama karakter little pony kesukaannya.
Dan karena saya mengerjakan ini malam malam jadi lupa untuk mendokumentasikan tiap tahap jadi saya pinjam dari Wikihow – hehe

Entah kenapa, seperti waktu bikin dapur kardus Kara – otak kreatif saya selalu lancar jaya di malam hari pada waktu saya seharusnya sedang mimpi jalan jalan ke scotlandia.
Jadi mau gak mau harus dikerjakan karena takut besoknya sudah tidak ada kemauan dan ide 😐 (ALASAN MACAM APA ITU IBU!?)

Untuk pilihan kain tulle dan renda langganan saya sih selalu di Toko Maju Mayestik untuk pilihan yang beragam dan harga murah.

PSX_20151109_111533 PSX_20151109_111504CYMERA_20151109_104322 CYMERA_20151108_225839

Mempersembahkan : Anak kutu memakai rok ballet seadanya dengan panjang rok tidak sama yang menolak untuk difoto karena sedang sibuk mengejar kelas nonton youtube. atur aja nak, atur.

28 thoughts on “DIY : Membuat Rok Ballet Tanpa Jahitan

  1. Aku juga kepengen bikin buat diriku sendiri. Tapi ga punya kepercayaan diri untuk pake jalan-jalan ke mall hahahaha. Tapi makasih idenya mba, sukak banget! ❤

      1. Tapi lucu juga loh kalo bikin trs foto-foto kembaran pake rok tutu walaupun cuma di rumah aja. Jadi ala-ala studio kan dengan kostum gitu 😀

  2. Baik Kara dan Mamanya beruntung karena saling memiliki, Kara beruntung mempunyai Mama yang selalu kreatif dalam membuat apa saja dan Mamanya beruntung mempunya anak yang lucu dan pasrah mau diapain saja sama mamanya… ha ha ha :))

Leave a Reply

