Aplikasi untuk Balita

Waktu Kara masih kecil saya dan Nuwis saling menguatkan untuk bertahan selama mungkin gak akan kenalin gadget ke Kara, jadi kami beli buku yang banyak biar dia digiring (?) jadi punya hobi membaca HAHA! TE-O-RI.

Karena waktu Kara umur 2 tahun kami tergiur tawaran untuk beli iPad mini untuk keperluan pekerjaan Nuwis.

BUYARRR SEMUA RENCANA ‘SOK’ IDEAL KAMI.

Jadilah Kara mulai kenal sama youtube 😐

Beli buku? Teteeeep. Ditambah puzzle kayu angka dan huruf serta mainan edukasi lainnya.
Tapi sesekali bolehlah waktu malem nonton nursery rhymes di youtube, kesukaan Kara sampe sekarang tuh lagu wheels on the bus.

 

Kemudian saya coba cari cari aplikasi bagus buat toodler untuk di iPad biar mainnya agak terarah. Ketemu beberapa aplikasi yang oke menurut saya. Ada Pinkfong, Endless reader, endless number, endless wordplay, endless alphabet, dan semua seri Sago mini.
Sago-Mini-Fairy-Tales-iOS-App mzl.aeekolml.320x480-75 Sago-Mini-Ocean-Swimmer-kids-apps-19 screen640x640 unnamed (1) unnamed

Beberapa aplikasi saya beli untuk full versionnya, demi nih, DEMIIII~
Karena Kara mulai sigap menempatkan tiap huruf dengan benar walaupun belum tau nama hurufnya.
Sampai suatu hari kami pulang kantor, saya langsung mandi dan Nuwis nemenin Kara main magnet kulkas alphabet.
Begitu keluar kamar mandi Nuwis heboh sendiri terus suruh saya duduk bareng bertiga di depan kulkas.

N : liat ya, liat ya
T : iya ini juga lagi liat
N : Kara, huruf S mana?
K : shh shh shhh.. *bersenandung huruf s, kemudian nunjuk huruf s di kumpulan huruf lainnya*
T + N : WHOAAAAAA~~
K : *nyengir nyengir bangga*
N : dia kayaknya belajar dari pinkfong alphabet deh, soalnya dia bersenandungnya kayak yang di pinkfong. Nih lagi ya. Kara, coba huruf F mana?
K : faa faa faa~ *bersenandung lagi, kemudian nunjuk lagi huruf f*
T + N : *tepuk tangan berlebihan sambil whoa whoa sendiri*

(Akhirnya ganti gantian nanyain terus sampe Kara bosen, sampai pada suatu titik dia berdiri terus masuk kamar ninggalin bapak ibunya tanpa ngomong apapun)

YAHAHAHAHAHA~ maaf nduk, kami terlalu heboh.
Jadi belajar hal baru tentang Kara.
Dari dulu saya, Nuwis dan mama saya suka ngajarin Kara ini itu termasuk alphabet tapi jarang banget dia anteng dengerin. Biasanya cuma semenit (itu udah paling lama) lalu dia pergi tanpa kata kata. Beda sama sepupunya yang tinggal di seberang rumah, dia suka diajarin dan anteng dengerin.

Ternyata Kara anaknya cepet bosen, atauuu cara ngajarin kami yang membosankan 😥 😥 – NAH mulai galau lagi deh.
Dengan nonton Pinkfong ABC Phonics dia belajar alfabet pake nyanyian, jadi kalo saya tanya huruf F dia langsung bilang ‘frog’ dan nunjuk huruf F.
Lebih cepat hafal dengan cara itu.

Sejak itu kami jadi lebih aktif cari cara ngajarin Kara yang bikin dia mau dengerin, sebagian besar berhasil sih dan sebagian lagi …. masih perlu cari cara yang lebih seru hehehehe.. (Di sini kami merasa gagal menjadi menarik)

Gak selamanya juga harus ‘musuhan’ sama gadget ya.
Tapi saya selalu minta mbak Canah ajak main Kara di luar.
Saya bahkan berharap Kara bisa manjat pohon, bikin perhiasan dari bunga, masak pake daun ditumbuk tumbuk, dll.

Untungnya tempat tinggal saya sekarang banyak anak balita dan mereka semua suka main di luar rumah, jadi lega.

Dan yang bikin lebih happy, kebiasaan Kara baca buku dan minta dibelikan buku tiap ke toko buku gak hilang. Dia tetap suka buku, sampai saya langganan beberapa toko buku online.
Salah dua nya adalah Buku Gaby dan kios rimba baca di IG.

(kemudian browsing sana sini cari aktifitas seru sambil belajar buat anak, lama lama ibunya terdampar di Polyvore dan kelupaan sama misi semula – Halah, mulu!)

Leave a Reply

